Bantuan Kemanusiaan

D.Savio Search Engine

Saturday, September 8, 2007

SANG PENEMU EROPA

BAB 5 SANG PENEMU EROPA

Setelah kaisar pertama jatuh akibat pemberontakan, seorang pemimpin pemberontakan yang adalah seorang petani naik tahta sebagai kaisar petani pertama Cina pada tahun 202 SM, namanya adalah Liu Pang. Ia langsung menerapkan kembali sistim feudal dan memasang kerabat-kerabatnya di pusat-pusat sumber daya Cina yang kaya dan strategis.
Tujuh tahun berkuasa, ia meninggal dan digantikan oleh ahli warisnya yang juga mati muda, akhirnya istrinya menjadi salah satu dari tiga penguasa wanita dalam sejarah panjang Cina, Ratu Lu. Selama empat abad berkuasa, kekuasaan Cina berekspansi keluar pada masa kekaisaran Wen-ti dan Wu-ti.

Empat belas abad sebelum Marco-polo dan enambelas abad sebelum Columbus, seorang perwira Chang Chien menapakkan kakinya keluar dari Cina dalam misi rahasianya untuk
mengatasi kaum nomad. Dalam perjalanan karirnya, ia akhirnya dapat menghentikan gangguan dari kaum nomad dan garnisum pertama jalur sutra dibangung antara Cina dan Barat. Jalur perdagangan lain melalui Burma ke Siam dan India (yang sejak lama dimanfaatkan diam-diam oleh para pedagang Cina) diresmikan. Dan jalur laut dari Cina Selatan menyeberangi Samudera India ke Arabia dan Afrika ditemukan, yang sudah dimanfaatkan oleh segelintir koloni pedagang Cina Rantau lebih dari dua ribu tahun silam.

Betapa hebatnya para pedagang Cina sehingga mereka dapat menemukan jalur-jalur perdagangan export-import jauh beberapa ribu tahun yang lalu. Bahkan sebelum ditemukan dan diresmikan oleh kekaisaran Cina. Sudah sejak tahun 3000 SM, gurun sahara dimanfaatkan para pedagang di Mesopotamia, Persia, dan India saling berbisnis dengan caravan yang berjalan jauh di sekitar bentangan pergunungan Asia.

Regards
Ferdy D.Savio
--------------------------------------------------------------------------------------
Learn From The Best, Do The Best, Be The Best, and Let GOD Do The Rest!!!



Related Articles by Categories


0 komentar:


Grab this Widget ~ Blogger Accessories