Bantuan Kemanusiaan

D.Savio Search Engine

Thursday, February 26, 2009

Ah... Akhir bulan...



Ah... Akhir bulan...


cuma ada satu komentar yang selalu terjadi pada diri gw setiap akhir bulan... Bokek... Hihihi...


Sudah beberapa tahun gw mulai melakukan pembukuan terhadap pengeluaran gw, sejak gw mengunjungi my sister di San Diego, dan di kenalkan dengan sebuah program 'Quicken' sama ko Dodo (my bro in law). Hmm... 2004 sepertinya... Dah lama juga yah...


Tapi selalu aja ada yang bolong2, jadi lupa uangnya hilang kemana, dan jadilah 'Loss in Action'... Hehe...


Bahkan saya pernah vaccum selama setahun, bener2 lupa dan gak mood untuk tiap malam, pembukuan... Padahal pake software loh...


Baru awal tahun 2008 lah, gw mulai serius lagi...


Disiplin, kalo gak malem, yah paginya...


Akhirnya gw serius... Yeah...


Awalnya hanya melakukan pembukuan aja, catet2 aja... pake ms.excel pula...


(Tapi sekarang dah pake 'Quicken 2009'
keren kan... hehe...
cman masih agak2 gaptek sih...)


Lama-lama mulai berpikir, koq setiap bulan selalu pake tabungan yah... Kayaknya dari dulu nabung, koq saldo nya malah berkurang tiap bulan... Hmm...


Alhasil, mulailah tiap akhir bulan gw review pengeluaran gw...




Gw mulai kategori2kan, awalnya sih semrawut... banyak bener... dan acak-acakan... Hehe, namanya aja belajar =p


Akhirnya muncul deh beberapa kategori: Makan, Telekomunikasi, Transportasi, kebutuhan rumah tangga, pendidikan, charity, Diri, Hiburan, Saving, dan Others...




Makan, telekomunikasi, transportasi, kebutuhan rumah tangga; bisa dimasukan kedalam kebutuhan pokok...
pendidikan; gw punya prinsip tiap bulan harus belajar sesuatu, minimal baca buku, atau bisa juga cicilan untuk ikut seminar/workshop.

charity; another prinsip... 'like a river' arus kas harus mengalir, kita menerima, kita juga harus memberi...


Diri; ini untuk berobat atau gunting rambut, dsb...


Hiburan; ini adalah lifestyle... saya mengkategorikan ini sebagai luxury... shopping, jalan-jalan, beli majalah, internet, tv cable, beli black berry mungkin? hehe... Cicilan HP gw yg blom lunas (hape 1,5jt pake nyicil 12 bulan, cman karena pengen nyobain doang; hehe; i learn from it...), dsb...


Savings; sudah jelas, setiap bulan harus disiplin menabung. tabungan jangka pendek, menengah, dan panjang. bisa di tabungan, bisa di reksa dana...


Others; pengeluaran-pengeluaran tak terduga... Selalu aja ada... entah datangnya dari mana...


Yah, setiap awal bulan gw harus budgeting kedalam kategori2 ini,
yang diperlukan adalah DISIPLIN!!!


Sulit tapi Bisa... Perhatikan kata-kata saya... Sulit tapi Bisa! (sedang menghipnosis, hehe)...




Salam,


Ferdy D.Savio


ps: Maap ceritanya berantakan, ntar besok2 akan gw ceritakan lagi yang lebih rapi... yang lebih profesional tentang budgeting...



Related Articles by Categories


1 komentar:


Grab this Widget ~ Blogger Accessories